Scroll to top
Hubnews
# BreakNews
Image

Sekretariat

Sekretariat

Tugas Pokok dan Fungsi Sekretariat Sesuai dengan Peraturan Bupati Maluku Tengah tentang Penjabaran Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Maluku Tengah

Pasal 7 

  1. Sekretariat dipimpin oleh seorang sekretaris yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas; 
  2. Sekretaris mempunyai tugas membantu Kepala Dinas melaksanakan pembinaan dan pemberian dukungan teknis serta administrasi Dinas agar berjalan dengan optimal;
  3. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Sekretaris mempunyai fungsi :

               a. menghimpun dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan bidang tugas; 

               b. mengkoordinasikan penghimpunan bahan dan data untuk perumusan perencanaan; 

               c. menyelenggarakan pengelolaan dukungan administrasi yang meliputi ketatausahaan, kepagawaian, keuangan, kerumahtanggaan, kerjasama, hubungan masyarakat, arsip, dan dokumentasi dinas; 

               d. menyelenggarakan pengelolaan barang milik daerah di lingkungan Dinas; 

               e. mengkoordinasikan pelaksanaan tugas sekretariat; 

               f. membagi tugas kedinasan kepada bawahan; 

               g. memberikan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan; 

               h. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas; 

               i.  melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas. 

 

Pasal 8 

      1. Sekretariat, membawahi :

           a. Sub Bagian Tata Usaha 

           b. Sub Bagian Keuangan

           c. Sub Bagian Program, Evaluasi dan Pelaporan 

       2. Masing-masing Sub Bagian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipimpin oleh seorang kepala sub bagian yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Dinas. 

 

Pasal 9 

  1. Sub Bagian Tata Usaha mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Sekretariat dibidang tata usaha 
  2. Untuk Melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sub Bagian Tata Usaha mempunyai fungsi : 

           a. menghimpun dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan bidang tugas; 

           b. menghimpun bahan dan data sebagai bahan perencanaan; 

           c. menyiapkan rencana kerja Sub Bagian Tata Usaha; 

           d. melaksanakan pengelolaan administrasi dan operasional persuratan Dinas; 

           e. melaksanakan urusan kepegawaian dan dukungan administrasi umum Dinas; 

           f. melaksanakan urusan kerumahtanggan Dinas; 

          g. membagi tugas kedinasan kepada bawahan; 

          h. memberikan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan; 

           i. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan, dan; 

           j. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan. 

 

Pasal 10 

  1. Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Sekretariat di bidang keuangan. 
  2. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sub Bagian Keuangan mempunyai fungsi : 

           a. menghimpun dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan bidang tugas; 

           b. menghimpun bahan dan data sebagai bahan perencanaan; 

           c. menyiapkan rencana kerja sub bagian keuangan; 

           d. melaksanakan pengelolaan administrasi; 

           e. melaksanakan penatausahaan keuangan Dinas; 

           f. melaksanakan pengelolaan barang milik daerah di lingkungan Dinas; 

          g. menyiapkan laporan keuangan Dinas secara berkala; 

          h. membagi tugas kedinasan kepada bawahan; 

          i. memberikan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan; 

          j. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan, dan;

          k. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan. 

 

Pasal 11 

  1. Sub Bagian Program, Evaluasi, dan Pelaopran mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Sekretariat di bidang program, evaluasi, dan pelaporan. 
  2. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sub Bagian Program, Evaluasi, dan Pelaporan mempunyai fungsi : 

           a. menghimpun dan melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan bidang tugas; 

           b. menghimpun bahan dan data sebagai bahan perencanaan; 

           c. menyiapkan rencana kerja sub bagian program, evaluasi dan pelaporan;

          d. melaksanakan perencanaan program dan kegiatan Dinas; 

          e. melaksanakan monitoring, evaluasi dan penyusunan pelaporan Dinas; 

          f. membagi tugas kedinasan kepada bawahan;

         g. memberikan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan;

         h. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan, dan;

         i. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.